Friday, November 11, 2011

Cara Melakukan Sniffing Dengan Cain & Abel

Pada kesempatan kali ini saya akan men-share sebuah trik hacking yaitu sinffing menggunakan tools Cain&Abel. Nah..sebelum saya membahasnya, alangkah baiknya kalau kita tau dulu apa itu sinffing sob..
Sniffing merupakan sebuah aksi penyadapan. Sniffing dibagi menjadi 2 yaitu : Passive Sniifing dan Active Sinffing.
-Passive Sniffing >> Melakukan penyadapan tanpa merubah data atau packet apapun dari jaringan.
                                   
-Active Sniffing>> Melakukan sniffing dengan merubah packet dijaringan atau mengirim packet dengan Alamat MAC yang berubah-ubah, dalam jumlah yang sangat banyak.
                

Oke Sob,,,sekarang udah tau kan apa itu sniffing. Sekarang saya mau menjelaskan bagaiman caranya melakukan sniffing ini, saya akan terangkan yang bagian passive sniffing. perhatikan baik-baik yah.. hehe ..


Caranya :
1. Install program Cain&Able
2. Jalankan Cain
3. Untuk melakukan sniffing, klik tab sniffer
4. Klik tab APR
5. Klik menu configure, akan muncul configure dialog yang berisi tentang beberapa tab configuration, klik    "tab sniffer" akan tampak beberapa keterangan tentang Adapter, IP Address, dll. Klik  satu baris dibawah  menu-menu yang tadi yang berisi keterangan IP Address komputer kita, MAC dll,kemudian "OK"
6. Aktifkan Cain dengan mengklik tombol "START"
7. Agar komputer kita memiliki kemampuan routing, klik tombol "startAPR"
8. Jalankan Command Prompt
9. Lakukan komunikasi dengan komputer target dengan cara melakukan pinging terhadap IP Address Komputer target. Contoh : c:\ ping 192.168.2.1, dalam beberapa kasus kita harus melakukan pinging lebih dari satu komputer. Hal itu bertujuan untuk menjadikan komputer lain sebagai gateway. 
10. Pada Cain ada bagian tabel yang bermenu sama Status, IP Address dll. Untuk memulai, klik tabel bagian atas, kemudian klik tanda plus (add to list)
11. Akan muncul dialog New ARP Poison Routing. Klik IP Address komputer gateway pada kolom sebelah kanan, klik "OK"
12. Setelah IP Address masuk kedalam list, kita tinggal menuggu lalu lintas packet yang tertangkap oleh cain. Untuk mengetahui hasil yang tertangkap, Klik tab "passwords"


Oke sob, sekarang udah tau kan caranya, sekarang kalian tinggal download Tool Cain & Abel-nya dibawah ini :  

Download Cain&Abel


Perhatian:Cain&Abel sering teridentifikasi sebagai virus oleh antivirus, hal ini dikarenakan antivirus menggunakan fasilitas heuristic yaitu menebak-nebak sebuah file sebagai virus, fungsi ini bertujuan untuk mengenali virus-virus baru yang belum terdeteksi oleh database antivirus. Namun fasilitas ini terkadang menjadi “false warning” dan menganggap program-program tertentu terutama hack tools sebagai virus, bahkan antivirus lain pun dianggap virus.

No comments:

Post a Comment

Jika kalian merasa terbantu dengan artikel diblog ini dan ingin blog ini tetap eksis dalam dunia maya, silahkan tinggalkan komentar anda. Agar blog ini tetap eksis dan lebih baik kedepannya...!!!